EnglishIndonesian
Scroll to top
Kamis, 29 Sep 2022,

Profil LL DIKTI Wilayah X

By Admin LLDIKTI Wilayah X 04 Agu 2019, 00:05:50 WIB

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi disingkat LLDIKTI, sebelumnya bernama Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta atau Kopertis yang merupakan salah satu unit kerja di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi mengamanatkan bahwa Pemerintah perlu membentuk Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI). Hal ini menjadi dasar dari perubahan nama Kopertis Wilayah X menjadi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 35 Tahun 2021 tentang Organisasi Tata Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi, LLDIKTI Wilayah X mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah kerjanya (Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau) yang dipimpin oleh seorang Kepala dan bertanggung jawab kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dalam peraturan tersebut, susunan organisasi Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi terdiri atas Kepala, Kepala Bagian Umum, dan kelompok jabatan fungsional. Tugasnya adalah melaksanakan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi.

Dalam melaksanakan tugasnya, LLDIKTI Wilayah X menyelenggarakan fungsi:

1.     1. pelaksanaan pembelajaran mutu pendidikan tinggi,

2. pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi,

3. pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu pengelolaan perguruan tinggi,

4. pelaksanaan fasilitasi kesiapan perguruan tinggi dalam penjaminan mutu eksternal,

5. pelaksanaan fasilitasi penilaian angka kredit pendidik dan tenaga kependidikan perguruan  tinggi,

6. pelaksanaan fasilitasi pendirian perguruan tinggi dan pembentukan program studi,

7. pelaksanaan kerja sama,

8. pelaksanaan pengelolaan data dan informasi perguruan tinggi,

9. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan fasilitasi peningkatan mutu perguruan tinggi, dan

10. pelaksanaan administrasi


Kepala LLDIKTI Wilayah X (Afdalisma SH, M.Pd)

Lahir di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 5 Desember 1970. Meniti karir sebagai ASN di IKIP Padang  sejak tahun 1992 dengan pangkat awal sebagai Pengatur Muda/Golongan II a, yang dalam awal berkarir diangkat berdasarkan ijazah SMA yang diperoleh tahun 1989 di SMA Negeri 8 Padang.

Selanjutnya sambil bekerja, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi hingga memperoleh gelar sarjana yaitu Sarjana Hukum (S.H.) tahun 1995 di Universitas Bung Hatta Padang. Setelah memperoleh ijazah sarjana ini, mengikuti proses penyesuaian kepangkatan berdasarkan ijasah sarjana tersebut, yang kemudian terhitung 1 April 1996 memperoleh hasil penyesuaian tersebut menjadi PNS Tenaga Kependidikan dengan pangkat Penata Muda/Golongan III a. Dalam hal kepangkatan, saat ini telah memperoleh pangkat Pembina Utama Muda/Golongan IV c,  terhitung sejak tanggal 1 Oktober 2018.

Kemudian, dalam perjalanan karir/jabatan berikutnya, terhitung tanggal 1 Oktober 2000 mendapatkan penugasan sebagai Kepala Subbagian Tenaga Akademik (Eselon IVa) Bagian Kepegawaian pada Biro Administrasi, Umum dan Keuangan, Universitas Negeri Padang hingga 1 Januari 2011. Semasa menduduki jabatan ini mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Administrasi Umum (Diklat Adum) pada tahun 2001. Di samping itu, juga melanjutkan studi lanjut Pendidikan tinggi hingga memperoleh gelar Magister Pendidikan (M.Pd) tahun 2005 di Universitas Negeri Padang.

Pernah mengikuti Diklat Peningkatan Kemampuan Teknis Manjerial dan Profesional Tenaga Kependidikan Angkatan II pada tahun 2004 yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Sawangan, mengikuti Diklat Analisis Jabatan Angkatan I tahun 2006 diselenggarakan Pusdiklat Sawangan, mengikuti pelatihan kearsipan tahun 2009 yang diselenggarakan Ditjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional. Mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Administrasi Kepegawaian bagi Tenaga Kepndidikan tahun 2010 diselenggarakan Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan Nasional.

Pada tahun 2006 mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III (Diklatpim Tk.III). Selanjutnya dirotasi dalam rangka tour of duty menjadi Kepala Subbagian (Eselon IVa) Pendidikan pada Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang, terhitung 2 Januari 2011 hingga 24 Maret 2014. Ini suatu pengalaman pada posisi yang berbeda dengan sebelumnya berkaitan dengan penugasan yang dilakukan. Hal ini menambah pengayaan wawasan dalam perjalanan karir sebagai PNS.

Terhitung 25 Maret 2014 mendapatkan kepercayaan promosi menjadi Kepala Bagian Pendidikan dan Kerjasama (Eselon IIIa) pada Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, Universitas Negeri Padang. Pada tanggal 13 April 2015 kembali mendapatkan penyegaran rotasi dalam rangka tour of duty lagi dengan posisi sebagai Kepala Bagian Kepegawaian (Eselon III a) pada Biro Administrasi Umum dan Keuangan, Universitas Negeri Padang.

Seiring dengan perjalanan waktu maka perjalanan karir berikutnya mendapatkan kepercayaan promosi sebagai Kepala Biro Umum dan Keuangan (Eselon IIa) Universitas Negeri Padang, terhitung September 2017. Untuk meningkatkan kapasitas dalam menduduki jabatan, maka pada tahun 2019 mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (Diklatpim Tk.II) yang dilaksanakan oleh Lembaga Administrasi Negara.

Perjalanan karir berikutnya mendapatkan kepercayaan menjadi Kepala LLDIKTI  Wilayah X (Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau)  yang dilantik oleh Sesjen Kemdikbudristek pada tanggal 7 Juni 2022  hingga saat ini.


Kepala Bagian Umum (Rahmi, SE., M.Si)

Lahir di Pakandangan, Padang Pariaman pada tanggal 26 September 1982. Menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi prodi Akuntansi dari Universitas Andalas (2005). Melanjutkan pendidikannya S2 di Univesitas yang sama pada prodi Ilmu Akuntansi dan mendapatkan gelar Magister  Sains (2013).

Pada Desember 2008, diangkat sebagai CPNS, dan bulan September 2018, diberi amanah sebagai Kasubag Sarana Prasarana.  Pada bulan Desember 2020 diangkat melalui penyetaraan ke dalam jabatan fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Muda. Karena dedikasinya selanjutnya pada bulan Februari tahun 2022 mengemban tugas sebagai Kepala Bagian Umum di LLDIKTI Wilayah X.

Sebelum dan dalam masa jabatan di Kopertis Wilayah X atau yang sekarang merupakan LLDIKTI Wilayah X telah mengikuti pelatihan-pelatihan di antaranya Pelatihan Kursus Perpajakan, Diklat Fungsional Bendahara Pengeluaran, Diklat Pengadaan Barang dan Jasa, Pelatihan Pejabat Pembuat Komitmen, Pelatihan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, dan Diklat Pembentukan Jabatan Fungsional Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa.