EnglishIndonesian
Scroll to top
Jumat, 02 Des 2022,

Anugerah Entrepreneurship Award LLDIKTI Wilayah X Ke-6 Lahirkan Entrepreneur Muda Terbaik

By Admin LLDIKTI Wilayah X 16 Nov 2022, 06:14:39 WIB Berita LLDIKTI
Anugerah Entrepreneurship Award LLDIKTI Wilayah X Ke-6 Lahirkan Entrepreneur Muda Terbaik

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X bersama pimpinan PTS dan Forum Komunikasi Kemahasiswaan (Forkomawa) telah selesai melaksanakan proses seleksi finalis penganugerahan wirausaha bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta seluruh Indonesia di tahun ke-6 ini, Minggu (13/11/2022).

Pemenang kompetisi bertemakan “Menghasilkan Pengusaha Muda Melalui Entrepreneurship Award dalam Mendukung Program MBKM” merupakan peserta terbaik dari masing-masing kategori yang dilombakan, yaitu usaha berjalan dan rencana bisnis dengan total hadiah sebesar 150 juta rupiah.

Sebelumnya, dari 771 usulan yang dinilai, 100 terbaik pada setiap kategori masuk ke babak final. Finalis rencana bisnis selanjutnya mengunggah video dan poster berisi presentasi singkat tentang ide bisnis dengan durasi maksimal 5 menit. Sedangkan finalis bisnis berjalan mengirimkan video yang bercerita tentang kondisi bisnis dan perkembangannya serta tautan media sosial.

Baca Lainnya :

Universitas Lancang Kuning sebagai tuan rumah Entrepreneurship Award (EA) ke-6 menyelenggarakan expo kewirausahaan, di mana setiap finalis tampil menunjukkan poster ide bisnis baru, pameran demonstrasi produk dan/atau usaha sekaligus wawancara singkat dengan tim juri bisnis berjalan.

Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T. dalam sambutannya menyampaikan tema yang diusung LLDIKTI Wilayah X dalam EA ini adalah sejalan arahan presiden dalam menciptakan SDM unggul.

Selain itu kata Direktur Belmawa, lulusan kita harus memiliki karakter dan skill pembelajar yang kuat, memperbaharui pengetahuan, memiliki inovasi yang kuat, menguasai teknologi serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Program EA ini merupakan suatu bentuk upaya dalam memberikan ruang belajar bagi mahasiswa dalam menyiapkan mahasiswa berkompetensi wirausaha. Ini sangat relevan dengan program strategis Kemendikbudristek dalam platform Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ucap Sri.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, SH, M.Pd dalam pidatonya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Entrepreneurship Award VI tingkat nasional yang diikuti oleh PTS dari LLDIKTI seluruh Indonesia. 

“Saya terharu dan bangga karena EA yang keenam ini berskala nasional dan diikuti oleh PTS dari Sabang sampai Merauke. Saya yakin dan percaya dengan kompetisi ini akan lahir entrepreneur yang mampu menciptakan lapangan kerja. Terima kasih kepada Universitas Lancang Kuning sebagai tuan rumah, pengarah EA, Forkomawa serta seluruh pimpinan PTS atas partisipasinya dalam menyukseskan terselenggaranya kegiatan ini,” ucap Kepala Lembaga.

Pada kesempatan tersebut, Pengarah EA Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.Si mengajak agar memulai bisnis dari sejak mahasiswa. Prof. Musliar berharap kepada finalis agar tekun menjalankan bisnisnya. Mudah-mudahan menjadi pengusaha yang sukses di Indonesia.

Ketua APTISI Wilayah X B Prof. Dr. Syafrinaldi, SH, MCL mengucapkan selamat bagi para pemenang. Jangan lupa diri, jadikan kemenangan itu untuk berbagi bersama mahasiswa lain menularkan kreatifitas dan berbagi ide. Bagi yang belum menang, jadikan pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pada masa yang akan datang.

Tuan rumah EA keenam, Rektor Universitas Lancang Kuning Dr. Junaidi mengatakan penilaian akhir sudah dimulai sejak pagi tadi. 100 finalis dari masing-masing kategori bisnis berjalan dinilai juri saat expo festival kewirausahaan. Sedangkan rencana bisnis presentasi di ruangan bersama dewan juri.

“Sebagian besar karya mahasiswa sangat baik dan kreatif. Ini menunjukkan benih kreatifitas telah tumbuh di kalangan mahasiswa. EA ini bukan soal menang atau kalah, melainkan proses menjadi pengusaha. Saya yakin, mahasiswa Indonesia bisa menjadi entrepreneur. Tepai juga menumbuhkan semangat intrapreneur, yaitu semangat berkompetisi, tangggung jawab, dan berdaya saing,” ucap Rektor.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala LLDIKTI Wilayah 1 Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si, Direktur Politeknik Negeri Padang Dr. Surfa Yondri, S.T., S.ST., M.Kom, inisiator Entrepreneurship Award Prof. Dr. Herri, MBA, Ketua Panitia Dr. Bagio Kadaryanto, Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah X Rahmi, Koordinator Akademik dan Kemahasiwaan Ely Susanti, SE, MM, Ketua Forkomawa LLDIKTI Wilayah X Muhammad Sugihartono, M.Si, Subkoordinator Kemahasiswaan Albert Oktavian, SE, M.S.Ak.

Berikut para pemenang Entrepreneurship Award Ke-6:

Kategori Usaha Berjalan:

Peringkat 1, Meilusi “TERASI INSTAN TINGGI PROTEIN (TERAPI) DENGAN TEKNOLOGI SMART EDIBLE PACKAGING” dari Universitas Sumatera Selatan

Peringkat 2, SATRIO Ifandrijanto Putra Jaya “KITCHEN PARTNER” dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Peringkat 3, Halimi Akbar Putra “TREATMENT DAN MEMBERSHIP SERUM RAMBUT” dari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Runner Up 1, Adilla Restu Adha “MEUBEL KAYU JATI/CV.HADIRIN JAYA JATI” dari Universitas Lancang Kuning

Runner Up 2, Aldi Julianto “KING FRUITS OLAHAN SMOOTHIES VARIAN BUAH” dari Sekolah Tinggi Pariwisata Riau

Runner Up 3, Amin Hilal Sianipar “HILAL HOUSE” dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Favorit 1, Ahmad Taufik “JAMUR BOSQUE” dari Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Favorit 2, Ridho Kurniawan “NASI BAKAR CIK PUAN RASMAN (BERAS AMAN) dari Universitas Lancang Kuning

Favorit 3, Ahmad ramadani “CHICKEN VACUUM PACK dari Universitas Prof Dr Hazairin SH

Favorit 4, Tasya Mu Ira “RUMAH JAHIT SYASYA” dari Universitas Jabal Ghafur

Best Video, Regita Cahyani “PENGEMBANGAN BISNIS ATAU USAHA ABEJE THRIFT SHOP” dari Universitas Bina Darma

Best Social Media, Nisa Juniartika “JASA LUKIS HENNA ART” dari STKIP Aisyiyah Riau

Best Stand, Qayla Meuthya Delvina Hendri “Anyaman Tekuluk Jambee” dari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Garuda Putih


Kategori Rencana Bisnis:

Peringkat 1, Angelina Jesika “HEAVEN CANDLE THERAPY dari Institut Bisnis Dan Teknologi Pelita Indonesia

Peringkat 2, Dela Suharti “Keripik Jamur Tankos” dari Politeknik Jambi

Peringkat 3, Ardiansyah Saputra “Bhineka Fashion Nusantara” dari Politeknik Pariwisata Batam

Runner Up 1, Lina Syahfitri “BUTIK (Buket Plastik)” dari STKIP Aisyiyah Riau

Runner Up 2, Khusnul Khotimah “LANGKOK: DAUR ULANG ROKOK PEMANFAATAN LIMBAH PUNTUNG ROKOK MELALUI TEKNIK MASERASI MENJADI BIOPESTISIDA” dari Universitas Dinamika Bangsa

Runner Up 3, Inda Putri Pambayun “USAHA KERIPIK KECOMBRANG (Crooked Cip) dari Universitas Lancang Kuning

Favorit 1, Ummu Khairina “Kerupuk Langgi” dari Universitas Muhammadiyah Jambi

Favorit 2, Muhammad Rosyadi “Lilin Kenangan” dari Institut Bisnis Dan Teknologi Pelita Indonesia

Favorit 3, Diva Ramadhani “Gudang Inspirasi Mahasiswa (Website Penjembatan Pemilik Karya dan Pembaca dikalangan Mahasiswa) dari Universitas Fort De Kock

Favorit 4, Zalmon Koto “SARACO (Sanjai Rasa Coklat) dari Universitas Fort De Kock

Best Video, Aldi wiranata “Gedebok Pisang Krispy” dari Universitas Islam Riau

Best Poster, Afinatul Karomah “Rashiqa Hijab Look Syari, Stay Fashionable” dari Universitas Muhammadiyah Purworejo




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda