EnglishIndonesian
Scroll to top
Minggu, 07 Agu 2022,

Lokapasar Pembelajaran Daring Indonesia

By Admin LLDIKTI Wilayah X 08 Jul 2022, 14:26:44 WIB Berita LLDIKTI
Lokapasar Pembelajaran Daring Indonesia

LLDIKTI Wilayah X bekerja sama dengan Universitas Terbuka menyelenggarakan Sosialisasi Lokapasar Pembelajaran Dalam Jaringan Indonesia kepada pimpinan PTS di wilayah Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau, secara daring, Rabu (6/6/2022).

Saat ini, banyak tantangan dan perubahan yang harus dilakukan perguruan tinggi di era society 5.0. Salah satunya adalah proses pembelajaran di perguruan tinggi secara daring seperti yang ditawarkan Indonesia Cyber Education Institute.

Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, hal ini dapat dilihat sebagai peluang untuk memiliki mahasiswa berkualitas dunia. Diharapkan, PTS segera beradaptasi dengan cepat serta mengadopsi pembelajaran daring yang ditawarkan di lokapasar ICE Institute.

Demikian disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, SH, M.Pd dalam sambutannya pada saat membuka Sosialisasi Lokapasar Pembelajaran Dalam Jaringan Indonesia.

“Semoga sosialisasi ini bermanfaat bagi PTS dalam pembelajaran di era digital serta menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” kata Kepala Lembaga.

Pada kesempatan tersebut, Basuki dari ICE Institute menjelaskan bahwa lokapasar pembelajaran daring ini diresmikan oleh Dirjen Dikti Prof. Nizam pada tanggal 28 Juli 2021 dalam rangka menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Menurut Basuki, ada 3 hal utama yang menjadi peran dari ICE Institute, yaitu menjadi sarana peningkatan pendidikan tinggi Indonesia, peningkatan akses pembelajaran daring, dan menjadi lokapasar tingkat nasional berkualitas internasional.

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan sebagai lokapasar (marketplace), ICE Institute itu bukanlah perguruan tinggi, program studi, melainkan hanya memasarkan mata kuliah dalam bentuk eceran. Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah dari UI, Binus, UGM, Unair dan lain-lain yang ditawarkan di lokapasar.

Untuk dapat mengikuti perkuliahan, mahasiswa tersebut tidak bisa langsung mengakses dan bergabung. Akan tetapi, terlebih dahulu mahasiswa harus direkomendasikan oleh pimpinan perguruan tinggi.

“Pendaftaran mahasiswa dilakukan langsung oleh perguruan tinggi. Di akhir pekuliahan, mahasiswa mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk alih kredit sesuai kebijakan kampus masing-masing. Selain itu, sertifikat juga dapat dimanfaatkan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI),” terangnya.

Untuk bergabung sebagai user, perguruan tinggi tidak perlu melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi penyediakan mata kuliah di lokapasar. Perguruan tinggi cukup dengan membuat akun, unggah pakta integritas, dan surat rekomendasi.

Selanjutya, tim ICE Institute akan melakukan verifikasi data mahasiswa di laman PDDIKTI dan berkoordinasi melalui narahubung perguruan tinggi.

“Kami berharap, PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X segera membuat akun dan bergabung dengan ICE Institute. Semua mata kuliah yang ditawarkan tidak berbayar. Pendaftaran akan dimulai awal Agustus 2022. Selain menyuksekan program MBKM, tentunya program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi. Silakan kunjungi https://icei.ac.id/ untuk informasi lebih lanjut,” tutup Basuki. (*)




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda