EnglishIndonesian
Scroll to top
Kamis, 29 Sep 2022,

Kunjungi LLDIKTI Wilayah X, Universitas Terbuka Kenalkan Indonesia Cyber Education Institute

By Admin LLDIKTI Wilayah X 21 Jun 2022, 08:42:36 WIB Berita LLDIKTI
Kunjungi LLDIKTI Wilayah X, Universitas Terbuka Kenalkan Indonesia Cyber Education Institute

Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, SH, M.Pd menerima kunjungan Kepala Unit Pengembangan Pembelajaran Dalam Jaringan Indonesia Universitas Terbuka Prof. Dr. Paulina Pannen, M. L. S di ruang sidang lantai 2, Senin (20/6/2022).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka pengenalan Indonesia Cyber Education Institute (ICE-I) dan penyampaian Strategi Pemanfaatan lokapasar pembelajaran dalam jaringan.

Dalam sambutannya, Afdalisma mengatakan bahwa LLDIKTI Wilayah X menyambut baik kunjungan Prof. Paulina selaku Direktur ICE-I. Ini merupakan program yang tepat dan dapat diimplementasikan dalam menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca Lainnya :

"Ini merupakan program yang sangat tepat dalam implementasi (MBKM) untuk memfasilitasi hak mahasiswa belajar di luar kampus," kata Afdalisma.

Lebih lanjut, Kepala Lembaga menyampaikan bahwa APTISI Wilayah X pun sudah menyatakan siap mendukung dan memfasilitasi ICE-I untuk mensosialisasikan program-programnya kepada PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Paulina menyampaikan bahwa ICE-I merupakan lokapasar (marketplace) mata kuliah daring bersertifikat yang bermutu dan teregistrasi secara nasional. Setiap mahasiswa yang terdaftar di perguruan tinggi dapat mengikuti mata kuliah secara gratis.

Prof. Paulina menjelaskan bahwa saat ini banyak perguruan tinggi baik PTN dan PTS sudah tergabung di ICE-I. Selain itu, ada juga mitra lainnya seperti Asian Development Bank (ADB), edX, MIT OCW, Microsoft Cloud Swift, Kalibrr, dan lain-lain.

Menurut Prof. Paulina, ICE-I dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan sumber daya (SDM, Teknologi, dan Fasilitas), memungkinkan transfer knowledge, pemerataan kualitas pendidikan, meningkatkan inovasi, dan memungkinkan terjadinya alih kredit dan pertukaran mata kuliah.

Sementara, bagi mahasiswa tidak hanya dapat mengikuti kuliah, akan tetapi bisa memperluas jaringan, meningkatkan daya saing, kepercayaan diri serta memperluas digital experience dan digital horizon.

“Kami berharap, PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X segera dapat bergabung dengan ICE-I. Program ini tidak dipungut biaya, gratis. Pendaftaran mahasiswa dapat dilakukan melalui perguruan tinggi. ICE-I akan memverifikasi data daftar calon peserta melalui laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kemendikbudristek. Informasi lebih lanjut terkait ICE-I dapat diakses pada tautan https://icei.ac.id/,” tutup Direktur ICE-I Prof. Paulina. (*)




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda