EnglishIndonesian
Scroll to top
Kamis, 28 Okt 2021,

Prof. Herri Ingatkan PTS Perkuat Kerja Sama Stakeholder Pendidikan

By Admin LLDIKTI Wilayah X 19 Mei 2021, 09:21:06 WIB Berita LLDIKTI
Prof. Herri Ingatkan PTS Perkuat Kerja Sama Stakeholder Pendidikan

Selama pandemi ini banyak hal yang kita tidak bisa lakukan secara tatap muka. Namun, kegiatan dan jalinan silaturrahmi tetap kita lakukan walaupun secara daring. Komunikasi dan persepsi yang sama dalam upaya peningkatan mutu pendidikan yang berkualitas tetap menjadi agenda utama kta bersama.

Hal itu disampaikan Kepala LLDIKTi Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA pada pertemuan daring dengan pimpinan PTS, dosen PNS Dpk, dan karyawan saat hahal bihalal 1442 H, Senin (17/5/2021).

Dalam pelaksanaan pembelajaran, Kepala Lembaga mengingatkan agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Ini sebagai bentuk usaha kita dalam mencegah penyebaran virus corona di tengah naiknya jumlah angka kasus positif covid-19.

Baca Lainnya :

“Kita tentunya tidak mau kampus menjadi kluster penyebaran virus covid-19. Jangan lengah, meskipun sudah divaksin. Bentuk unit yang memantau penerapan protokol kesehatan sehingga perguruan tinggi tidak menjadi kluster penyebaran virus corona,” kata Prof. Herri.

Lebih lanjut, Kepala Lembaga mengatakan beberapa waktu lalu, LLDIKTI Wilayah X telah menandatangani dan menyerahkan kontrak penelitian kepada masing-masing perguruan tinggi penerima hibah.

Ada output dan outcome tambahan dalam kontrak tersebut seperti jurnal dan buku. Mohon jadi perhatian, karena ini akan membantu kita semua dalam meningkatkan akreditasi. Selain itu, pimpinan perguruan tinggi juga perlu mengawasi dan memonitor pelaksanaan penelitian sesuai dengan yang tertera pada kontrak hibah.

Prof. Herri mengingatkan agar penelitian yang dilakukan hendaknya berbasis persoalan lokal yang ada di sekeliling kita. Kembangkan penelitian di bidang sosial, teknologi tepat guna, hukum, maupun observasi sumber daya di tempat masing-masing sehingga hasilnya sangat terasa dalam kehidupan masyarakat.

 

Penerapan program kampus merdeka pun perlu disiapkan dan direncanakan pelaksanaannya dengan baik. Hal Ini perlu diiringi dengan bekerja sama dengan stakeholder pendidikan. Bangun network dengan industri, pemerintah maupun organisasi sosial lainnya sebagai wadah pengembangan kurikulum, peningkatan mutu serta peningkatan kompetensi calon lulusan.

Sementara itu, Sekretaris Lembaga Yandri A, SH, MH mengatakan dalam rangka untuk memberikan pelayanan yang lebih optimal, LLDIKTI Wilayah X telah membuat aplikasi dengan berbagai fungsi sehingga akan memudahkan PTS mendapatkan layanan.

Selain itu, dalam melaksanakan kegiatan tahun 2021 ini, LLDIKTI Wilayah X berbasiskan kebutuhan PTS. Semua kegiatan yang akan diprogramkan ditawarkan dalam sebuah sistem, yaitu Gugus Layanan Mutu (Gulamu).

LLDIKTI Wilayah X juga bertekad dan memiliki komitmen dalam mewujudkan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Peningkatan layanan publik terpusat seperti Unit Layanan Terpadu (ULT) sudah dilaksanakan. Layanan berbasis aplikasi, seperti Sistem Informasi Manajemen Dosen (Simdos), e-office, PAK online, Pindah Homebase, Gugus Layanan Mutu (Gulamu), e-acara, e-journal, e-presensi dosen PNS dpk, inpassing, rekomendasi izin belajar dan tugas belajar sudah diterapkan. Selain mudah akses, layanan tersebut diupayakan sebagai penutup celah praktik korupsi.

"Ini merupakan bagian dari penerapan reformasi birokrasi di LLDIKTI Wilayah X. Selain optimalisasi layanan kepada semua pemangku kepentingan, LLDIKTI Wilayah X juga sedang berupaya meraih predikat zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),” tutup Yandri. (*)




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda