EnglishIndonesian
Scroll to top
Rabu, 27 Jan 2021,

Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

By Admin Web 23 Nov 2020, 11:20:54 WIB Berita LLDIKTI
Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Penelitian merupakan bagian dari tridharma perguruan tinggi sebagai wadah dosen dalam mengembangkan keilmuannya. Hasil penelitian juga merupakan bentuk kontribusi dunia pendidikan tinggi dalam menemukan solusi terhadap masalah di masyarakat. Untuk itu, penelitian harus dipublikasikan secara luas agar hasil penelitian dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan.

Publikasi menjadi salah satu persyaratan dalam pengembangan karir dosen guna mencapai jabatan akademik yang lebih tinggi. Selain itu, publikasi juga menjadi salah satu penilaian dalam klasterisasi perguruan tinggi.

Demikian disampaikan Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA dalam sambutannya pada “Workshop Penulisan Artikel Ilmiah” untuk publikasi jurnal internasional secara daring yang diikuti sebanyak 255 dosen PTS di provinsi Jambi, Senin (16/11/2020).

Baca Lainnya :

Lebih lanjut, Kepala Lembaga mengungkapkan pada tahun 2020 di provinsi Jambi terdapat 1.328 dosen. Dari jumlah tersebut, belum ada satupun yang memiliki jabatan akademik guru besar. Di antaranya, 48 orang Lektor Kepala, 387 Lektor, 522 Asisten Ahli, dan 371 tanpa jabatan akademik.

Rendahnya angka ini disebabkan oleh persyaratan publikasi pada jurnal internasional maupun nasional yang belum dapat dipenuhi. Karena hal tersebut, LLDIKTI Wilayah X menyelenggarakan kegiatan ini dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kemampuan dosen dalam penulisan artikel ilmiah.

“Semoga berdampak pada peningkatan publikasi jurnal internasional maupun di SINTA serta meningkatkan pemeringkatan perguruan tinggi” kata Prof. Herri.

Peserta terbagi dalam 3 kelompok bidang ilmu, yaitu bidang eksakta, sosial humaniora, dan kesehatan.

Tampil sebagai narasumber berbagi trik dan tips penulisan artikel Prof. Dr. M. Yahya, M.Sc, Prof. Dr. Eng. Hairul Abral, Prof. Dr. Afrizal, MA, Prof. Dr. Ratni Prima Lita, MM, Prof. Dr. Nur. Indrawaty Lipoeto, M.Sc, Dr. Ilmiawati, S.Ked, Dr. Husna Yetti, Ir. Krismadinata, Ph.D, Yohandri, S.Si, Hafiz Rahman, Ph.D.(*)




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda