Home Berita LLDIKTI Kerja Sama PTS Dalam Kerangka Kampus Merdeka

Kerja Sama PTS Dalam Kerangka Kampus Merdeka

267
0
SHARE
Kerja Sama PTS Dalam Kerangka Kampus Merdeka

LLDIKTI Wilayah X fasilitasi 48 pimpinan Perguruan Tinggi Swasta dalam rangka pelaksanaan kerja sama Kampus Merdeka, Senin (29/6/2020).

Pada kegiatan yang diselenggarakan secara daring tersebut, hadir sebagai narasumber Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Aris Junaidi, Ph.D.

Prof. Aris mengatakan terkait kebijakan Kampus Merdeka, perguruan tinggi diharuskan menyiapkan pedoman serta panduan teknis untuk mahasiswa dalam melakukan program magang maupun kuliah di luar program studi.

“Siapkan pedoman dan panduan teknis tentang bagaimana pelaksanaan program kuliah di luar program studi. Cantumkan dalam panduan akademik agar mahasiswa tidak kesulitan dalam mengambil hak belajar di luar program studi,” ucap Prof. Aris.

Lebih lanjut, Direktur Belmawa mengatakan bahwa pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka tergantung pada kesiapan kampus masing-masing. Bagi kampus yang sudah menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain maupun dengan mitra industri silakan untuk diteruskan. Bagi perguruan tinggi yang belum, segera buat panduan yang mengatur teknis pelaksanaannya.

“Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka sudah di-launching sejak awal tahun 2020. Khusus untuk program magang ataupun belajar di luar prodi baik di dalam maupun di luar kampus, perguruan tinggi wajib memberikan hak mahasiswa tersebut dan segera menyiapkan panduan teknis serta penyesuaian kurikulum. Siapkan dan perkuat kerja sama dengan perguruan tinggi serta mitra lain,” kata Prof. Aris.

Hak belajar di luar program studi selama 3 semester itu menjadi pilihan bagi mahasiswa. Menurut Prof. Aris memang tidak harus 3 semeseter. Bisa saja satu semester, dua maupun selama 3 semester. Bagusnya, mahasiswa mengambil kesempatan tersebut untuk menambah pengetahuan serta meningkatkan kompetensi.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan pelaksanaan kebijakan Kampus Merdeka merupakan upaya pemerintah agar mahasiswa mempunyai kompetensi lebih serta pengalaman baru. Karena, selama ini mahasiswa hanya terpaku pada satu program studi saja.

Tetapi, sekarang kata Prof. Herri dengan adanya program Kampus Merdeka menambah network dan kompetensi serta menjadi daya tarik mahasiswa dalam memilih kampus. Tidak hanya handal pada satu ilmu tetapi dilengkapi juga dengan ilmu lain yang relevan serta menunjang capaian pembelajaran.