EnglishIndonesian
Scroll to top
Minggu, 07 Agu 2022,

Akreditasi Prodi Kesehatan Tetap Berlaku 5 Tahun

By Admin Web 19 Mei 2020, 21:17:55 WIB Berita LLDIKTI
Akreditasi Prodi Kesehatan Tetap Berlaku 5 Tahun

Berbeda dengan program studi lain, di bidang kesehatan masa berlaku akreditasi prodi masih tetap selama 5 tahun. Prodi diharuskan tetap melaksanakan tridharma perguruan tinggi sebagai bagian yang akan dinilai oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Masa berlaku akreditasi pada program studi kesehatan tidak otomatis diperpanjang.

Akreditasi yang dimaksud adalah suatu proses untuk melakukan penilaian suatu program studi yang dilaksanakan secara rutin serta masih mengikuti pedoman seperti yang tertuang dalam Permendikbud nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Instrumen penilaiannya menggunakan 9 kriteria dengan 137 indikator penilaian. Tujuannya adalah memberikan kesempatan pada prodi untuk menilai diri sendiri dan mengetahui kelebihan serta kekurangannya untuk selanjutnya dilakukan pembinaan agar mutunya lebih baik. Hasilnya, peringkat penilaian program studi perguruan tinggi dikategorikan atas baik, baik sekali, dan unggul.

Baca Lainnya :

Demikian disampaikan Ketua LAM-PTKes, Prof. Dr. Usman Chatib Warsa, SP. MK. Ph.D saat diskusi tentang “Kebijakan Akreditasi Prodi Kesehatan LAM-PTKes pada Masa Pandemi Covid-19” secara daring bersama Kepala LLDIKTI Wilayah X dan pimpinan PTS kesehatan di wilayah Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau, Selasa (19/5/20).

Kepala LLDIKTI Wilayah X mengatakan sebanyak 36,29 persen dari jumlah PTS di wilayah kerja kami merupakan perguruan tinggi kesehatan dengan jumlah mahasiswa 27.025 orang.

Dilihat dari peringkatnya, jumlah program studi yang terakreditasi B (Baik Sekali) sebanyak 139, dan 39 prodi terakreditasi C (Baik). Selebihnya masih berstatus tidak terakreditasi yang disebabkan oleh prodi masih baru dan atau prodi merger (penggabungan perguruan tinggi).

Untuk itu, kata Prof. Herri selain peningkatan mutu akademik, perguruan tinggi juga terus meg-update data dan informasi pada laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Kecukupan atas data dan informasi itu akan dinilai dan dievaluasi oleh asesor.

Dr. Sutrisno Sumarjo, MA Direktur Akreditasi LAM-PTKes sebagai narasumber kedua menyebutkan proses akreditasi tatap muka ditunda hingga kondisi Indonesia aman. Sekarang proses akreditasi mulai dari registrasi, fasilitasi, akreditasi, validasi, surveilans sampai sidang majelis dilakukan secara daring.

Sedangkan untuk masa berlaku akreditasi, Sutrisno menyampaikan bahwa LAM-PTKes akan menginformasikan kepada perguruan tinggi bahwa masa akreditasi program studi akan berakhir setahun sebelum kedaluwarsa.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Direktur Akreditasi LAM-PTKes, Dr. Sutrisno Sumarjo, MA, Sekretaris LLDIKTI Wilayah X, Yandri A, SH, MH sebagai moderator diskusi, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Ely Susanti, SE, MM, Kasubbag Akademik Taufik, S. Sos beserta staf.




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Tulis Komentar

Ada 16 Komentar untuk Berita Ini

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda